Kabel Headset Mudah Rusak? Ini 4 Cara Tepat Merawatnya!


Meski dibanderol dengan harga yang relatif mahal dengan kualitas tinggi, kamu tidak bisa menggunakan kabel headset secara sembarangan. Hal ini dapat menyebabkan headset menjadi mudah rusak jika tidak memperhatikan perawatannya. Merawatnya dengan cara yang tepat akan memberikan banyak keuntungan untukmu. Untuk itu, berikut cara tepat merawat kabel headset yang bisa kamu lakukan.

1. Jaga Kebersihan Kabel Headset

Dilansir dari headphonesty.com, menjaga kebersihan lingkungan juga berpengaruh pada kebersihan headset kamu lho. Kotoran atau lingkungan yang tidak bersih bisa saja masuk ke dalam bagian headset yang dapat mengganggu kualitasnya. Kabel headset juga akan menjadi cepat rusak dan berubah warna jika kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan headset dan kabel headset:

  • Bersihkan setiap selesai penggunaan: Headset bisa saja terkena debu atau keringat yang bisa menjadikannya lembab. Jadi, kamu harus selalu bersihkan menggunakan kain halus dan alkohol untuk mengelapnya. Atau kamu juga bisa gunakan tisu basah dan dilanjutkan dengan tisu kering.
  • Jangan terlalu sering menggunakan headset bergantian dengan orang lain: Jika kamu terlalu sering meminjamkan atau bergantian penggunaan headset dengan orang lain, akan menyebabkan penumpukan dan pertukaran kotoran pada telinga yang bisa berbahaya untuk kesehatan telingamu. Selain itu, penggunaan bergantian dan tidak hati-hati tersebut juga menyebabkan headset jadi cepat rusak.

2. Perhatikan Perawatan Kabelnya

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kabel tetap terlindungi:

  • Jangan menaruhnya langsung di saku Anda: Meskipun kabel headset memang praktis dan mudah dibawa kemana-mana, sebaiknya jangan terlalu sering menyimpan headset pada kantong atau saku pada baju maupun celana. Hal ini karena ruang yang terlalu sempit, terutama jika kamu suka menggunakan skinny jeans, akan menekan kabel dan memberi tekanan pada kabel internalnya.
  • Lipat kabel dengan benar: Jika kamu tidak melipat atau menggulung kabel dengan benar, hal ini akan melemahkan kabel kecil yang ada pada lapisan di dalamnya. Gulung kabel dengan rapi dengan aturan satu arah saja agar mudah pula saat ingin digunakan.

3. Simpan dengan Benar

Usahakan untuk mempunyai tempat khusus untuk menaruh headsetmu. Dengan begitu, headset akan tetap aman dan terhindar dari kerusakan. Jika kamu meletakkannya sembarangan, bisa terjadi resiko kabel headset rusak atau putus secara tidak sengaja. Kamu bisa beli casing atau tempat khusus untuk meletakkan headset tersebut. Cari ukuran yang pas dan sesuai dengan keinginanmu. Atau kamu juga bisa siapkan ruang pada rak pribadimu untuk agar headsetmu lebih muda ditemukan saat kamu membutuhkannya.

Baca juga artikel tentang “Headset Kabel VS Headset Bluetooth, Mana yang Terbaik?“.

4. Hindari Menyimpan di Tempat Lembab

Kelembaban dari perubahan kondisi cuaca dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan luar headset. Baik berasal dari keringat, tetesan air, dan debu udara. Jika headset tiba-tiba basah karena terkena cipratan atau sesuatu, segera lap dengan alkohol di atas lapisan bagian headser yang terkena basah dan tunggu beberapa jam hingga mengering. Untuk menghindari kelembapan dari kondisi cuaca, letakkan lap bersih di tempat kamu menyimpan headset untuk menyerap kelembapan.

Keuntungan Merawat Kabel Headset dengan Baik

Jika kamu bisa merawat kabel headset dan perangkatnya dengan baik, kamu akan memperoleh berbagai keuntungan seperti:

  • Headset menjadi lebih awet: Dengan merawat headset dengan baik dan rutin, hal ini tentunya akan memperpanjang umur headset (lebih awet). Sebab, jika kabel headset mudah rusak, hal ini akan merugikan dan membuatmu jadi lebih boros karena harus membelinya berkali-kali.
  • Headset akan terlihat seperti baru: Merawat headset akan membuatnya tetap terlihat bersih dan mulus seperti baru. Sebab, selain akan awet dari segi kualitas, dari tampilannya pun akan tetap oke.
  • Kualitas suara akan tetap terjaga dengan baik: Terlepas dari kualitas audio bawaan yang ada pada tiap headsetnya, beberapa bagian penting juga berpengaruh pada hasil suaranya. Seperti kabel headset yang terlipat atau mengelupas, tentu akan berpengaruh pada kualitas suara aslinya.

Lindungi Headset Agar Kualitas Terjaga

Cara terbaik untuk menghindari kerusakan headset adalah dengan merawatnya dengan cara yang tepat seperti di atas. Kamu tidak bisa selalu mengandalkan garansi yang telah tersedia saat awal pembelian. Selalu periksa headsetmu agar terhindar dari kerusakan atau hal lain yang tidak diinginkan. Sebab, lebih baik mencegah daripada harus rugi dengan membelinya kembali. Kamu juga bisa membeli pelindung kabel headset untuk menjadi alternatif lain sebagai proteksi.

Baca juga tentang “Headset Kabel VS Headset Bluetooth: Mana yang Cocok Untukmu?“.


Tags

cara merawat headset kabel, tips gadget, tips gadget 2022


Keranjang Saya0
There are no products in the cart!
Lanjutkan Belanja
0